Unduh buku peraturan akademik ITS 2014 disini, dan kalender akademik 2017-2018 disini. Beberapa ketentuan dalam Peraturan Akademik ITS 2014 terkait dengan perkuliahan dijelaskan dibawah ini.

Peraturan Akademik ITS Tentang Perkuliahan dan Ujian

Pasal 25

  1. Mahasiswa berhak mendapatkan rancangan pembelajaran untuk setiap mata kuliah yang diikuti pada awal semester.
  2. Pembelajaran dapat terdiri dari perkuliahan, responsi, seminar, tugas, praktikum/studio, dan asesmen/evaluasi pembelajaran yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa.
  3. Mahasiswa berhak mendapatkan pembelajaran sekurang-kurangnya 90% dari yang dijadwalkan dalam satu semester.
  4. Mahasiswa yang tidak mengikuti pembelajaran melebihi 20% dari jumlah yang diselenggarakan dalam satu semester, mata kuliah yang diikutinya dinyatakan gagal dengan nilai E.
  5. Pengecualian dari ayat 4 diberikan kepada mahasiswa yang sedang melaksanakan kegiatan akademik/ kemahasiswaan dengan seijin pimpinan ITS, atau yang sakit dengan menunjukkan surat keterangan resmi dari dokter.

 

Pasal 40

  1. Pelanggaran kode etik akademik adalah pelanggaran etika yang berkaitan dengan kegiatan akademik di lingkungan ITS atau di luar ITS.
  2. Jenis pelanggaran dapat berupa mencontek dalam ujian/ kuis/tes, plagiarisme dalam pengerjaan tugas kuliah/tugas akhir/tesis/disertasi, menggantikan peran orang lain dalam evaluasi, menyuruh orang lain untuk berperan seolah‐olah menjadi dirinya dalam evaluasi, penyalahgunaan informasi dan transaksi elektronik, kerjasama dengan petugas untuk berbuat curang, dan/atau pemalsuan identitas diri.
  3. Semua pelanggaran yang terjadi harus dinyatakan dalam berita acara tertulis oleh pelapor dan diserahkan kepada ketua program studi/Departemen dengan pertimbangan KPJ untuk diproses lebih lanjut oleh Tim Penyelesaian Pelanggaran (TPP)
  4. Jenis snksi yang dikenakan kepada mahasiswa sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) dapat berupa peringatan, pembinaan, pembatalan sebagian atau seluruh hasil evaluasi pembelajaran, pembatalan satu atau beberapa mata kuliah, pembatalan seluruh mata kuliah dalam satu semester, dan/atau pencabutan status kemahasiswaan, baik sementara maupun permanen.

Peraturan Akademik ITS Tentang Penggantian/ Penambahan/ Pembatalan Mata Kuliah

Pasal 26

  • Mahasiswa dapat mengganti/menambah/membatalkan suatu mata kuliah yang sudah tercantum dalam FRS online dengan persetujuan dosen wali.
  • Kesempatan untuk mengganti dan/atau menambah suatu mata kuliah disediakan selama 3 (tiga) minggu pertama dalam semester yang bersangkutan.
  • Pembatalan suatu mata kuliah dapat dilaksanakan sejak minggu pertama sampai dengan minggu ke-10 dalam semester yang berlangsung.

 

Dalam hal penggantian/ penambahan/ pembatalan Mata Kuliah diperhatikan beberapa ketentuan (Pasal 22) sebagai berikut,

  • Semua mata kuliah yang pernah ditempuh akan tetap diperhitungkan sebagai beban studi dan dicantumkan dalam daftar nilai (transkrip).
  • Nilai yang diakui untuk mata kuliah yang diambil ulang adalah nilai terakhir yang didapat.

Peraturan Akademik ITS Tentang Evaluasi Masa Studi (Keberhasilan) Mahasiswa S1

Pasal 43

  1. Masa studi paling lama untuk mahasiswa program sarjana adalah 14 semester.
  2. Evaluasi masa studi mahasiswa program sarjana dilakukan pada akhir semester dua dan empat. Mahasiswa program sarjana diperkenankan melanjutkan studi apabila:
    • pada akhir semester dua, 18 sks dari 36 sks yang telah ditempuh di tahap persiapan mendapat IP ³ 2,0 untuk nilai terbaik selain mata kuliah yang bernilai E;
    • pada akhir semester empat, telah menempuh seluruh beban studi tahap persiapan dengan IP ³ 2,0 tanpa nilai D dan E.
  3. Mahasiswa yang telah 12 semester belum berhasil menyelesaikan beban studi sebanyak 144 sks, termasuk tugas akhir, diwajibkan membayar biaya pendidikan sama seperti mahasiswa baru pada level yang sama.
  4. Mahasiswa yang tidak memenuhi ketentuan pada ayat (1), ayat (2) dan ayat (3) pasal 43 tersebut tidak diperkenankan melanjutkan studi

Peraturan Akademik ITS Tentang Syarat Kelulusan dan Predikat Mahasiswa S1 (Lihat Pasal 48 Ayat 2)

Pasal 48

  • Mahasiswa program D-III dinyatakan lulus tahap D-III apabila berhasil menyelesaikan seluruh beban studi sebanyak 110 sks termasuk tugas akhir, dan memiliki capaian pembelajaran yang ditargetkan oleh program studi tanpa nilai D dan E, dan memenuhi persyaratan nilai minimum salah satu bahasa asing dan Satuan Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa (SKEM).
  • Mahasiswa sarjana dinyatakan lulus tahap sarjana apabila berhasil menyelesaikan seluruh beban studi sebanyak 144 sks termasuk tugas akhir, dan memiliki capaian pembelajaran yang ditargetkan oleh program studi tanpa nilai D dan E, dan memenuhi persyaratan nilai minimum salah satu bahasa asing dan SKEM seta mengunggah satu artikel ilmiah berbasis Tugas Akhir ke portal resmi ITS (POMITS dengan alamat www.pomits.its.ac.id atau www.ejurnal.its.ac.id).
  • Mahasiswa program magister dinyatakan lulus apabila telah berhasil menyelesaikan seluruh beban studi sebanyak 36 sks termasuk tesis; dan memiliki capaian pembelajaran yang ditargetkan oleh program studi dengan indeks prestasi komulatif (IPK) ³ 3,0, tanpa nilai E, D, dan C sebanyak-banyaknya 20% dari jumlah sks yang disyaratkan; mempunyai publikasi ilmiah sekurang-kurangnya satu jurnal nasional atau satu seminar internasional, dan memenuhi persyaratan nilai minimum salah satu bahasa asing.
  • Mahasiswa program doktor dinyatakan lulus apabila telah berhasil menyelesaikan seluruh beban studi sebanyak 42 sks di program doktor termasuk disertasi, mempunyai IP ³ 3,0 dengan nilai ujian setiap mata kuliah sekurang‐kurangnya B; mempunyai publikasi ilmiah sekurang-kurangnya 1 jurnal internasional terindeks dan 1 jurnal nasional terakreditasi, atau 2 jurnal internasional terindeks, dan memenuhi persyaratan nilai minimum salah satu bahasa asing.
  • Persyaratan nilai minimum bahasa asing dan SKEM sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) sampai dengan (4) adalah sebagai berikut :

 

Jenis Bahasa D III S1 S2 S3
Bahasa Inggris 450 477 477 500
Bahasa Jepang 240 280 280 320
Bahasa Jerman 60 66 66 71
Bahasa Perancis 60 66 66 71
Bahasa Cina Mandarin 60 66 66 71
Bahasa Arab 60 66 66 71
SKEM 1000 1300
  • Kelulusan program diploma, sarjana, dan magister ditetapkan melalui surat keputusan rektor berdasarkan hasil sidang yudisium Komisi Pertimbangan Departemen.
  • Kelulusan program doktor ditetapkan melalui surat keputusan rektor berdasarkan hasil sidang yudisium dalam sidang terbuka.

Peraturan Akademik ITS Tentang Predikat Kelulusan Mahasiswa S1

Pasal 49

  • Kepada lulusan ITS diberikan predikat kelulusan yang terdiri dari tiga tingkat, yaitu memuaskan, sangat memuaskan, dan dengan pujian.
  • Predikat kelulusan ditetapkan berdasarkan IP dan masa studi seperti berikut:

Program Studi Diploma D-III

Predikat IPK                         Masa Studi
Pujian > 3,5 Masa studi £ 3 tahun (6 semester)
Sangat Memuaskan > 3,5 Masa studi > 3 tahun (6 semester)
3,01 £ IPK £ 3,50
Memuaskan 2,76 £ IPK £ 3,00

Program Studi Sarjana S1

Predikat IPK                         Masa Studi
Pujian > 3,5 Masa studi £ 4 tahun (8 semester)
Sangat Memuaskan > 3,5 Masa studi > 4 tahun (8 semester)
3,01 £ IPK £ 3,50
Memuaskan 2,76 £ IPK £ 3,00

 

  • Predikat kelulusan pujian hanya diberikan kepada lulusan yang memenuhi persyaratan seperti dinyatakan dalam ayat (2) dan tidak pernah mendapatkan sangsi akademik.
  • Mahasiswa yang dinyatakan lulus berhak memperoleh ijazah, gelar atau sebutan, dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).
  • Mekanisme dan tata cara pemberian SKPI diatur dalam peraturan tersendiri.