Berada di perkuliahan teknik tidak menghentikan langkah mahasiswa Teknik Fisika untuk terus berkarya, melibatkan diri dalam berbagai aktivitas baik akademik maupun ekstrakurikuler. Menjadi bagian dari komunitas mahasiswa penting untuk membangun lingkaran pertemanan yang luas, menambah wawasan dan keterampilan, dan tentunya untuk kegiatan rekreasional.

Seni, Budaya, dan Olahraga

Kluntung TF

Sudah menjadi kewajiban semua orang berbudaya untuk melestarikan budaya bangsa dan negaranya. Mahasiswa Teknik Fisika bertekad untuk menjaga Angklung, salah satu alat musik tradisional Indonesia tetap populer dikalangan anak muda. Kluntung TF sudah berpengalaman tampil di berbagai kegiatan di ITS.

Futsal, Basket, dan Bulutangkis

Selain UKM di tingkat institut, mahasiswa teknik fisika dapat mengikuti latihan rutin tim departemen yang difasilitasi oleh divisi olahraga dan kesehatan dari HMTF ITS

Pengembangan Diri

Kegiatan pelatihan untuk menambah wawasan dan keterampilan mahasiswa yang diorganisir oleh HMTF ITS ataupun BEM Fakultas dan Institut. Beberapa contoh kegiatan tersebut adalah Pelatihan Karya Tulis Ilmiah, Pelatihan Jurnalistik, Pelatihan Kewirausahaan, Kegiatan keagamaan, dan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM).

Kompetisi dan Prestasi

Budaya berkompetisi sudah mendarah daging pada diri setiap mahasiswa ITS. Tentunya, mahasiswa Teknik Fisika berkontribusi dengan mengikuti berbagai kejuaraan sesuai minat bakat masing-masing.

Pengabdian kepada Masyarakat

Salah satu tridharma perguran tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa Teknik Fisika menyalurkan kontribusinya di berbagai kegiatan mulai dari pendidikan, sosial budaya, hingga pengenalan teknologi.

Kebersamaan dan Rekreasi

Kegiatan diluar atau didalam kampus yang bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan dan sebagai ajang menyegarkan pikiran

Kerjasama dan Kolaborasi

Menjalin relasi dengan organisasi / himpunan mahasiswa lain baik didalam maupun diluar ITS untuk studi banding, mengerjakan suatu proyek bersama, atau berbagi pengalaman. Salah satu bentuk kolaborasi adalah FKMTF (Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Fisika) Indonesia yang beranggotakan perwakilan mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki program studi Teknik Fisika.

Pengembangan Ilmu

 

Semangat mahasiswa dalam melakukan belajar dan melakukan riset untuk menambah pengetahuan memang tak pernah usai. Mahasiswa Teknik Fisika, secara mandiri dan dengan bimbingan dosen melakukan banyak aktivitas yang bermanfaat dalam pengembangan ilmu.

Departemen Teknik Fisika secara rutin mengadakan kuliah tamu, dengan pembicara dari Alumni, Profesional di Industri, maupun Akademisi dari dalam maupun luar negeri. Hal ini dilakukan agar mahasiswa memiliki pandangan tentang aplikasi dari ilmu yang sedang dipelajari di dunia kerja, serta berbagai kesempatan untuk melanjutkan studi atau melakukan joint research di berbagai bidang.

Selain kuliah tamu, mahasiswa Teknik Fisika juga melakukan berbagai kunjungan baik ke industri maupun departemen lain di seluruh Indonesia, yang dikemas dalam bentuk Studi Ekskursi dan Visit Company.

Sekitar Kampus