idl3

Cahaya dan Perannya dalam Kehidupan

Cahaya merupakan bentuk radiasi gelombang elektromagnetik yang memiliki spektrum tampak, tersebar dari warna merah hingga warna ungu. Salah satu sumber cahaya terbesar adalah matahari, yang setiap pagi hingga petang  memenuhi keseharian hidup kita.

Seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi, berbagai temuan telah dikembangkan peradaban kemanusiaan hingga saat ini, terutama terkait dengan perkembangan teknologi pencahayaan (lighting) dan teknologi lainnya yang berbasis penggunaan cahaya (light-based technologies). Manusia telah berusaha membuat sumber-sumber cahaya buatan lain untuk menggantikan fungsi pencahayaan matahari saat ketaktersediaan matahari dimalam hari atau untuk keperluan pencahayaan tambahan didalam gedung. Berbagai teknologi sumber pencahayaan telah dikembangkan, seperti lampu pijar, lampu tabung (neon), sumber cahaya laser, hingga teknologi LED. Sumber-sumber  cahaya buatan tersebut memiliki karakteristiknya masing-masing.

Upaya untuk mengkonservasi kandungan energi dalam cahaya matahari pun telah dilakukan. Penelitian-penelitian dan teknologi ikutan untuk mendapatkan sistem konversi energi cahaya matahari menjadi energi listrik telah berkembang pesat, dan teknologi ini dikenal dengan istilah sel surya (solar cells). Dengan teknologi ini maka ketersediaan energi listrik secara gratis untuk berbagai keperluan kehidupan dapat disediakan secara terus menerus (sustainable).

Teknologi berbasis cahaya atau light-based technology lainnya juga telah banyak berkembang pesat, tanpa disadari kontribusinya oleh masyarakat luas. Penggunaan teknologi berbasis cahaya dalam bidang komunikasi, dikenal dengan sebutan komunikasi berbasis serat optik, saat ini telah memudahkan komunikasi antar penduduk di berbagai belahan dunia secara cepat, dengan kapasitas transfer data yang tidak terbayangkan beberapa tahun sebelumnya. Perkembangan teknologi gawai elektronik (gadget) merupakan imbas dari kemajuan teknologi cahaya dalam bidang ini.

Contoh lain perkembangan teknologi berbasis cahaya adalah dalam bidangn medis, untuk berbagai keperluan peralatan deteksi penyakit dan kelainan tubuh lainnya. Teknologi endoskopi untuk pemeriksaan organ dalam, mikroskopi untuk pemeriksaan kandungan darah dan sel tubuh lainnya, dan berbagai teknologi medis lainnya merupakan  bukti kontribusi nyata teknologi berbasis cahaya.

Penggunaan teknologi ini dalam bidang pertahanan dan kemanan, pertanian & perikanan, industri & manufaktur, arkeologi, serta penyediaan energi baru telah pula berkembang pesat hingga saat ini. Disamping itu masih terdapat banyak berbagai contoh lainnya dari kontribusi teknologi berbasis cahaya yang telah dikembangkan dan membawa manfaat besar dalam kehidupan manusia, tanpa banyak disadari oleh kebanyakan masyarakat.

Dalam konteks pentingnya kontribusi cahaya dalam berbagai aspek kehidupan manusia inilah maka UNESCO, sebagai salah satu badan / organisasi yang bernaung dibawah PBB, telah mencanangkan perayaan tahunan Hari Cahaya Internasional (International Day of Light) yang akan diperingati pada tanggal 16 Mei setiap tahunnya.

Hari Cahaya Internasional (International Day of Light)

Tujuan utama dicanangkannya Hari Cahaya Internasional oleh UNESCO adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan pemahaman masyarakat umum akan peranan dan kontribusi cahaya dan teknologi berbasis cahaya (light-based technologies) dalam kehidupan keseharian, serta peranan sentralnya dalam perkembangan masyarakat global dimasa mendatang.
  • Meningkatkan kapasitas pendidikan masyarakat melalui berbagai aktivitas, khususnya pendidikan dan pencerahan sains bagi generasi muda di negara berkembang.
  • Penekanan hubungan penting antara cahaya dengan seni dan budaya, khususnya peningkatan kontribusi teknologi optik untuk pelestarian artefak  peninggalan budaya.
  • Meningkatkan kerjasama internasional (antar berbagai lembaga dan organisasi dalam masyarakat) melalui berbagai aktivitas kerjasama pendidikan.
  • Menekankan pentingnya riset dasar dalam sains dasar terkait cahaya, serta kebutuhan investasi dalam pengembangan teknologi berbasis cahaya (light-based technologies) untuk mengembangkan teknologi baru untuk  berbagai aplikasi dalam kehidupan yang lebih baik lagi, serta kebutuhan global untuk mempromosikan karier dalam sains dan rekayasa dibidang   teknologi berbasis cahaya.
  • Mempromosikan pentingnya teknologi pencahayaan dan kebutuhan akses akan cahaya dan infrastruktur energi untuk pembangunan yang berkelanjutan dalam peningkatan kualitas kehidupan kemanusiaan di negara yang sedang berkembang.
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat perkembangan desain dan teknologi cahaya dapat meningkatkan efisiensi, khususnya untuk mengatasi pemborosan penggunaan energi dan polusi cahaya.

IDL di Indonesia

International Day of Light merupakan event internasional, yang perayaannya diselenggarakan secara serentak di puluhan negara. OSA dan SPIE Student Chapter ITS turut serta meramaikan IDL dengan menyelenggarakan kegiatan berikut :

Workshop Optik & Fotonik

Hari / tanggal

Waktu

Tempat

Peserta

Materi

: Rabu / 9 Mei 2018

: 09.00 – selesai

: Ruang Sidang Gedung Pascasarjana Lt. 3, ITS Surabaya

: Guru SMA/MA/SMK se-Jawa Timur

: Kemajuan & Kontribusi bidang Optik dan Fotonik dalam Kehidupan Manusia

idl9
Pembicara :

Prof. Sekartedjo (ITS)

Ir. Hestu Widhinugroho (LITAC)

Dr. Sasono Rahardjo (BPPT)

Dr.rer.nat Aulia Nasution (ITS)

Agus M. Hatta, Ph.D. (ITS)

Drs. Didiek Budihardjo, MM (APKS PGRI Provinsi Jatim)

Light for Youth

Hari / tanggal

Waktu

Tempat

Peserta

Materi

: Minggu / 13 Mei 2018

: 09.00 – selesai

: Ruang Sidang Gedung Pascasarjana Lt. 3, ITS Surabaya

: Siswa SMA se-Jawa Timur

1. Sejarah dan Fenomena Optik dan Fotonik
2. Aplikasi dan Teknologi Optik dan Fotonik
3. Demo Menarik

idl8

Informasi dan Pendaftaran

Pendaftaran Peserta (Gratis) dapat dilakukan dengan mengisi link berikut : Link Pendaftaran IDL 2018 ITS Surabaya

Informasi lebih lanjut hubungi :

Selvy : 089502986818

Arymurti : 0812380569

 International Day of Light Official Information :

Secretariat: dayoflight@eps.org

Website: http://www.lightday.org/

Twitter: https://twitter.com/IDL2018

Facebook: https://www.facebook.com/IDL2018

Official Hashtag: #IDL2018