Himpunan mahasiswa Teknik Fisika (HMTF) merupakan wadah yang diberikan oleh Departemen untuk mewadahi kegiatan kemahasiswaan di Departemen Teknik Fisika FTI-ITS. Dalam menjalankan roda keorganisasian mendapatkan fasilitas berupa ruang HMTF dan dana operasional sesuai dengan program kerja HMTF setelah mendapat persetujuan Departemen. Karena sifatnya untuk mewadahi kegiatan kemahasiswaan yang ada di Departemen maka HMTF dibawah pembinaan team TKK Departemen yang diangkat dan diberhentikan oleh Pimpinan Departemen, sehingga setiap kegiatan yang dilakukan oleh HMTF harus sepengetahuan dan seijin dari team TKK. Lingkup utama dari kegiatan HMTF menyangkut pemahaman dan peningkatan profesi Teknik Fisika.

Salah satu program kerja HMTF yang telah menjadi event tahunan adalah Engineering Physics Week (EPW) yang terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya adalah Engineering Physics Challenge (EPC) yang merupakan kegiatan olimpiade fisika terapan yang diperuntukkan bagi siswa SMA. Tujuannya untuk mengenalkan tentang ilmu teknik fisika khususnya tentang aplikasi nyata dari ilmu fisika dalam bidang keteknikan. Sejak tahun 2011-2012 EPC telah dilaksanakan untuk tingkat nasional yang meliputi wilayah Sumatra, Jawa, Bali dan Kalimantan.

HMTF juga merupakan salah wadah bagi mahasiswa Departemen Teknik Fisika FTI-ITS untuk mengembangkan kemampuan soft skill yang meliputi kemampuan berkomunikasi, kemampuan kepemimpinan dan kemampuan bekerjasama. Dengan demikian diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan yang paripurna baik dari sisi hard skill/pengetahuan maupun soft skill. Informasi selengkapnya tentang HMTF dapat disimak di sosial media berikut :

Sosial Media HMTF :

Instagram    :    @hmtf_its

Twitter          :    @hmtf_its

Facebook      :     Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika ITS