Tentang Kami
 /  Tentang Kami

Pendidikan Teknik Fisika merupakan pendidikan keteknikan yang memadukan konsep-konsep keteknikan/rekayasa (engineering) dengan penguasaan ilmu Fisika dan Matematika yang kuat untuk menghasilkan aplikasi kreatif dan inovatif.

Peserta didik di Jurusan Teknik Fisika dibekali dengan kemampuan riset dan pengembangan, perancangan dan analisa untuk berbagai sistem fisis di Industri, dengan peminatan dalam bidang: Instrumentasi, Energi dan Pengkondisian Lingkungan, Material, Vibrasi dan Akustik, dan Fotonika.

Pendidikan Teknik Fisika di ITS beawal dari suatu bidang studi di Jurusan Fisika – Fakultas Ilmu Pasti dan Alam (FIPIA) yang didirikan pada tahun 1965. Pada tahun 1983, bidang studi ini berkembang menjadi suatu Jurusan dalam Fakultas Teknologi Industri (FTI) dengan nama Jurusan Teknik Fisika. Pada saat ini, Jurusan Teknik Fisika FTI-ITS memiliki program studi yaitu:

  • Program Studi D3 Metrologi dan Instrumentasi
  • Program Studi S1 Teknik Fisika ( reguler dan lintas jalur)
  • Program Studi S2 Teknik Fisika
  • Program Studi S3 Teknik Fisika

Capaian Pembelajaran Program Studi D3 Metrologi dan Instrumentasi

  • Kemampuran Bidang Kerja: mampu melakukan pekerjaan metrologi legal dan teknis serta melakukan pemilihan, pengoperasian dan perawatan sistem instrumen dengan metode yang baku dan lainnya untuk kegiatan monitoring, pengendalian dan keselamatan sistem, terkait bidang industri, energi, lingkungan dan kelautan.
  • Pengetahuan yang dikuasai: menguasai ilmu pengetahuan dasar dan terapan matematika, fisika, statistik dan kimia untuk menunjang penguasaan ilmu pengetahuan di bidang metrologi legal, metrologi teknis, ilmu kelistrikan, pneumatik, hidrolik dan teknologi rekayasa untuk menyelesaikan permasalahan di bidang metrologi dan teknik instrumentasi
  • Kemampuan managerial: mampu mengelola kegiatan di bidang metrologi dan instrumentasi serta mempertanggung jawabkan hasilnya secara verbal dan tertulis sesuai dengan persyaratan standar nasional/ internasional

Capaian Pembelajaran Program Studi S1 Teknik Fisika

  • Kemampuran Bidang Kerja: mampu menganalisis permasalahan teknik berbasis ilmu Teknik Fisika (Instrumentasi, Energi dan Pengkondisian Lingkungan, Material, Vibrasi dan Akustik, dan Fotonika) dan mampu berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan di Industri.
  • Pengetahuan yang dikuasai: menguasai dan mampu mengintegrasikan keilmuan Teknik Fisika yang meliputi bidang keahlian: Instrumentasi, Energi dan Pengkondisian Lingkungan, Material, Vibrasi dan Akustik, dan Fotonika, untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Kemampuan managerial: mampu mengambil keputusan tentang permasalahan sistem rekayasa secara tepat, rasional, dan profesional berbasis keilmuan Teknik Fisika dengan mengedepankan kepedulian terhadap lingkungan sosial budaya.

Capaian Pembelajaran Program Studi S2 Teknik Fisika

  • Kemampuran Bidang Kerja: mampu memecahkan permasalahan rekayasa instrumentasi di Industri dengan menerapkan pendekatan kaidah penyelesaian masalah berbasis Teknik Fisika, serta mampu mengembangkan inovasi baru sebagai penyelesaian masalah rekayasa instrumentasi di industri.
  • Pengetahuan yang dikuasai: mempu mengembangkan inovasi rekayasa instrumentasi melalui pemahaman yang kuat dalam keilmuan Teknik Fisika yang berciri khas penguasaan matematika dan pemahaman yang utuh atas kaidah fisika dan rekayasa.
  • Kemampuan managerial: mampu mengelola penelitian untuk mengembangkan inovasi baru, dan bersinergi dengan bidang keahlian lain yang diperlukan dalam riset dan pengembangan inovasi untuk menyelesaikan permasalahan rekayasa instrumentasi.

Capaian Pembelajaran Program Studi S3 Teknik Fisika

  • Kemampuran Bidang Kerja: mampu menciptakan, melakukan analisis, sintesis dan mampu melakukan penelitian dan pengembangan mandiri untuk inovasi baru berdasarkan keilmuan Teknik Fisika yang meliputi kaidah-kaidah sains fisika, matematika yang terintegrasi dengan pemahaman yang kuat atas konsep-konsep dasar rekayasa.
  • Pengetahuan yang dikuasai: mampu mengembangkan dan berinovasi dalam bidang fokus riset terkait dengan tema penelitian disertasi; serta mampu beradaptasi dan bersinergi dengan bidang keahlian lain di luar Teknik Fisika.
  • Kemampuan managerial: mampu mengkomunikasikan hasil riset, pengembangan, dan gagasan orisinil dalam bentuk komunikasi lisan dan tulisan yang efektif dan kemampuan membentuk jejaring dalam tingkatan nasional dan internasional dengan peer group dalam keilmuan dalam bidang dan terkait bidangnya.

Kegiatan Terdekat

ALAMAT

Gedung E
Jurusan Teknik Fisika
Fakultas Teknologi Industri (FTI)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Surabaya 60111
Jawa Timur
Indonesia