Tentang Kami
 /  TENTANG KAMI

     Pendidikan Teknik Fisika merupakan pendidikan keteknikan yang memadukan konsep-konsep keteknikan / rekayasa (engineering) dengan penguasaan dasar ilmu fisika dan matematika yang kuat untuk menghasilkan aplikasi kreatif dan inovatif. Teknik Fisika lahir untuk menjawab tantangan perkembangan sains dan teknologi dalam berbagai bidang yang membutuhkan engineer dengan dasar sains teoritis yang kuat disertai kemampuan bekerja dalam multi-disiplin ilmu.

     Diasosiasikan sebagai sebuah disiplin ilmu yang menghubungkan antara basic science dengan engineering, Teknik Fisika memiliki cakupan ilmu yang sangat luas mulai dari hulu hingga hilir, meliputi segala proses sejak konsep hingga terciptalah suatu produk teknologi. Pengajaran Teknik Fisika meliputi lmu sains dasar seperti matematika, fisika, kimia, dan statistika yang dikombinasikan dengan materi-materi keteknikan dari berbagai bidang (teknik elektro, teknik mesin, teknik material, dan teknik kimia). Lulusan teknik fisika diharapkan mampu memecahkan permasalahan dan menghasilkan karya inovatif dalam bidang teknologi pada saat ini maupun di masa mendatang berdasarkan analisis dan metode ilmiah. Peserta didik di Departemen Teknik Fisika ITS dibekali dengan kemampuan riset dan pengembangan, serta perancangan dan analisa untuk berbagai sistem fisis di Industri, dengan peminatan dalam bidang: Instrumentasi dan Kontrol, Rekayasa Energi dan Pengkondisian Lingkungan, Rekayasa Bahan, Vibrasi dan Akustik, dan Rekayasa Fotonika.

Departemen Teknik Fisika menerima mahasiswa untuk tiga program studi utama, yaitu :

  • Program Studi Sarjana (S1) Teknik Fisika (jalur Reguler dan Lintas Jalur)
  • Program Studi Magister (S2) Teknik Fisika, dan
  • Program Studi Doktor (S3) Teknik Fisika

     Tahun 2009-2011 Departemen Teknik Fisika FTI-ITS ditunjuk oleh ITS sebagai salah satu Departemen yang melaksanakan Program Hibah Kompetisi Institusi (PHKI) Tema B. Penunjukkan oleh ITS didasarkan pada kinerja yang telah dicapai oleh Departemen Teknik Fisika FTI-TS selama ini. PHKI ini bertujuan untuk meningkatkan effisiensi eksternal bagi lulusan Departemen Teknik Fisika FTI-ITS, sehingga lulusan Departemen Teknik Fisika FTI-ITS akan memiliki masa tunggu yang sedikit dalam memasuki pangsa kerja.

Teknik Fisika di Indonesia

     Pendidikan Teknik Fisika pertama kali diadakan di Indonesia pada tahun 1950, dan terus berkembang hingga pada tahun 2017 dilaksanakan di delapan perguruan tinggi se-Indonesia yaitu Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Gadjah Mada, Universitas Nasional, Telkom University, Surya University, Sekolah Tinggi Teknologi Mutu Muhammadiyah Tangerang, dan Universitas Multimedia Nusantara. Bidang peminatan yang populer di Indonesia adalah bidang instrumentasi dan kontrol serta bidang rekayasa energi. Bidang instrumentasi dan kontrol dibutuhkan dalam industrialisasi secara nasional sedangkan bidang energi fokus mempelajari energi terbarukan dan konservasi energi. Bidang-bidang seperti material, fotonika, dan akustik menjadi ciri khas Depertemen Teknik Fisika di perguruan tinggi tertentu.

Teknik Fisika di Kancah Internasional

Dalam kancah internasional, Teknik Fisika dikenal dengan sebutan Engineering Physics, atau di beberapa perguruan tinggi disebut Applied Physics. Pada umumnya kurikulum yang disediakan serupa diseluruh dunia namun disesuaikan kembali dengan bidang keahlian di setiap perguruan tinggi. Fakta menunjukkan bahwa walaupun di Indonesia Teknik Fisika hanya diajarkan di 8 perguruan tinggi, di beberapa negara seperti Amerika, Jepang, dan negara-negara Eropa, Teknik Fisika menjadi jurusan yang cukup populer karena mendukung pembelajaran yang heterogen, dengan pilihan bidang minat yang sangat beragam. Bidang-bidang seperti mechatronics, nanotechnology, microelectronics, photonics, dan biophysics adalah beberapa contoh peminatan yang diajarkan dalam Departemen Teknik Fisika diseluruh dunia.

Topik Penelitian/Riset

Departemen Teknik Fisika ITS melakukan penelitian di berbagai bidang, yang secara umum dikelompokkan kedalam bidang minat berikut:

  • Bidang minat Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol : PLC, instrumentasi industri, kontrol automatik, instrumetasi kedokteran, serta kalibrasi dan pengukuran.
  • Bidang minat Rekayasa Energi dan Pengkondisian Lingkungan : pengadaan pembangkit energi, konversi energi dan konservasi energi, serta manajemen energi.
  • Bidang minat Rekayasa Bahan : simulasi/komputasi divais elektronik, semikonduktor, korosi.
  • Bidang minat Vibrasi dan Akustik : getaran, kebisingan, pencahayaan bangunan.
  • Bidang minat Rekayasa Fotonika : Sensor serat optik, fotonika biomedis, laser.

Kegiatan Terdekat

ALAMAT

Gedung E
Jurusan Teknik Fisika
Fakultas Teknologi Industri (FTI)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Surabaya 60111
Jawa Timur
Indonesia