SEJARAH
 /  SEJARAH

Program Studi Teknik Fisika di ITS pada awalnya merupakan salah satu bidang studi di Jurusan Fisika Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA) – ITS, yang pertama kali berdiri pada Nopember 1965. Dalam perkembangannya, sejak tanggal 10 Nopember 1983 bidang studi ini berkembang menjadi jurusan yang berdiri dibawah Fakultas Teknologi Industri (FTI) – ITS dengan nama Jurusan Teknik Fisika. Pemisahan secara resmi ditetapkan dalam Keputusan Dirjen Dikti RI No. 116/Dikti/Kep/1984. Keberadaan Jurusan Teknik Fisika di Fakultas Teknologi Industri saat ini tertuang dalam STATUTA ITS No. 0443/O/1992 tanggal 18 Nopember 1992.

Dengan demikian Jurusan Teknik Fisika memiliki peranan yang penting dalam pengembangan ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan industri secara luas. Sebagai institusi pendidikan tinggi, Program Studi S1 Teknik Fisika telah memperoleh Akreditasi A (Sangat Baik) sejak 2006 dan memperoleh nilai yang sama (A) ditahun 2012 dengan nomor 044/BAN-PT/Ak-XV/S1/XII/2012 dan berlaku sampai tahun 2017.

Pada tahun 1995, Jurusan Teknik Fisika FTI-ITS membuka Program Studi D3 Teknik Instrumentasi sebagai jawaban atas tingginya permintaan pasar terhadap tenaga ahli madya dibidang instrumentasi. Sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi lulusannya, maka sejak tahun 2011 Jurusan Teknik Fisika membuka Program Studi D3 Metrologi dan Instrumentasi yang merupakan pengembangan dari Prodi D3 Teknik Instrumentasi dan telah memperoleh Akreditasi B sejak tahun 2013 (BAP-PT No. 167/SK/BAN-PT/Ak-XIII/Dpl-III/VIII/2013).

Dalam kaitannya untuk berperan aktif dalam pengembangan ilmu Teknik Fisika, pada tahun 2008 Jurusan Teknik Fisika secara resmi telah membuka Program Magister (S2) Teknik Fisika. Pembukaan program studi bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu secara aktif dan mandiri dalam mengembangkan ilmu teknik fisika khususnya serta ilmu pengetahuan dan teknologi pada umumnya, dan telah memperoleh Akreditasi A (Sangat Baik) sejak 2013 (012/SK/BAN-PT/Ak-X/M/I/2013). Pada tahun 2014 ini Jurusan Teknik Fisika membuka Program Studi Doktor (S3) Teknik Fisika pada tahun ajaran 2014/2015 tepatnya dibulan September menerima mahasiswa baru dan angkatan yang pertama.

Pada tahun 2017, berdasarkan Peraturan Rektor Nomor 10 tahun 2016 dan baru mulai beroperasi pada tanggal 26 Januari 2017 yang menyatakan bahwa telah dibentuk fakultas baru dengan nama Fakultas Vokasi yang menaungi semua program studi D3/D4 seluruh ITS, termasuk Program Studi D3 Metrologi dan Instrumentasi yang berganti nama menjadi Teknik Intrumentasi. Sehingga D3 Metrologi dan Instrumentasi tidak lagi termasuk program studi yang terdapat di Jurusan Teknik Fisika FTI-ITS. Berikut beberapa program studi yang terdapat pada Jurusan Teknik Fisika FTI-ITS:

  • Program Studi S1 Teknik Fisika (Reguler dan Lintas Jalur)
  • Program Studi Magister (S2) Teknik Fisika
  • Program Studi Doktor (S3) Teknik Fisika

Pendidikan Teknik Fisika merupakan pendidikan keteknikan yang memadukan konsep-konsep keteknikan/rekayasa (engineering) dengan penguasaan ilmu Fisika dan Matematika yang kuat untuk menghasilkan aplikasi kreatif dan inovatif, sehingga pada tahun 2009-2011 Jurusan Teknik Fisika FTI-ITS ditunjuk oleh ITS sebagai salah satu jurusan yang melaksanakan Program Hibah Kompetisi Institusi (PHKI) Tema B. Penunjukkan oleh ITS didasarkan pada kinerja yang telah dicapai oleh Jurusan Teknik Fisika FTI-ITS selama ini. PHKI ini berujuan untuk meningkatkan efisiensi eksternal bagi lulusan Jurusan Teknik Fisika FTI-ITS, sehingga lulusan Jurusan Teknik Fisika FTI-ITS akan memiliki masa tunggu yang sedikit dalam memasuki pangsa kerja.

Kegiatan Terdekat

ALAMAT

Gedung E
Jurusan Teknik Fisika
Fakultas Teknologi Industri (FTI)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Surabaya 60111
Jawa Timur
Indonesia