Pendahuluan
 /  Pendahuluan

Buku ini bukanlah buku tentang sejarah yang lengkap-runut dan bukanlah pula disusun oleh para ahli sejarah. Kami berikhtiar menampilkan gambaran pendidikan Teknik Fisika ITS dari suatu sudut pandang yang kami anggap perlu. Kami berupaya memotret kondisi pendidikan Teknik Fisika ITS pada awal-awal pendirian dan evolusinya hingga mencapai usia 50 tahun. Untuk dapat mengetengahkan tumbuh kembang Teknik Fisika ITS ini, maka sangatlah perlu memandangnya dalam kerangka jejak langkah ITS.

Pada bagian awal, kami mengetengahkan semangat pendirian dan runtutan perkembangan ITS dari masa ke masa. Pada bagian kedua, kami menyajikan bagaimana jurusan Teknik Fisika ini lahir dan tumbuh dalam Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA). Tokoh penting, Bapak Mahmud Zaki dan Bapak Soewarso, berhasil kami wawancarai. Selanjutnya, pada bagian ketiga, kami memaparkan bagaimana proses perpindahan pendidikan Teknik Fisika dari FIPIA ke Fakultas Teknologi Industri (FTI) dan perkembangannya hingga saat ini. Dalam memandang suatu sistem yang terkandung input, proses dan output, maka sangatlah perlu untuk menulis bagaimana output dari pendidikan jurusan ini. Pada bagian keempat, kami menampilkan kiprah para alumni Teknik Fisika ITS.

Kiprah alumni  dalam berbagai bidang baik terkait langsung maupun tidak langsung dengan core keilmuan Teknik Fisika Pada bagian kelima berisi tentang kesan dan pesan dari para alumni selama mereka menjalani pendidikan, perjalanan karier mereka, dan harapan terhadap jurusan ini. Kami mengalami kesulitan, siapa sajakah alumni yang dapat ditampilkan pada bagian ini. Kami sadar betul dari 2600-an alumni jurusan ini, pastilah sangat banyak jumlah alumni yang dapat kita undang agar mereka berbagai pengalaman dan kiprahnya. Namun, dengan keterbatasan waktu dan ukuran buku ini, kami menampilkan beberapa saja, yang mungkin bisa memakili profil profesi ke-teknik fisika-an dari sebaran angkatan dan ragam profesinya. Selanjutnya, bagian penutup mengakhiri buku ini.

Kegiatan Terdekat

ALAMAT

Gedung E
Jurusan Teknik Fisika
Fakultas Teknologi Industri (FTI)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Surabaya 60111
Jawa Timur
Indonesia