Sambutan dan Kata Pengantar
 /  Sambutan dan Kata Pengantar

Assalamu’alaikum wr. wb. Screen Shot 2016-05-03 at 8.19.37 AMPendidikan Teknik Fisika merupakan salah satu pendidikan keteknikan yang membekali peserta        didiknya dengan dasar yang kuat atas penguasaan fisika dan matematika,  sekaligus penguasaan atas dasar-dasar engineering yang sesuai dengan perkembangan terkini. Pendidikan Teknik Fisika di ITS telah mencapai usia 50 tahun. Pada peringatan usia emas ini, diangkat sebuah tema “Peningkatan Peran Teknik Fisika ITS dalam Membangun Bangsa”. Sejarah pendirian dan perjalanan pendidikan Teknik Fisika ITS, kiprah alumni, dan kesan pesan disajikan pada sebuah buku yang berjudul   “Perjalanan 50 tahun Pendidikan Teknik Fisika di ITS”. Buku ini diharapkan mampu memberikan informasi kepada masyarakat luas dan khususnya generasi muda Teknik Fisika ITS untuk lebih mengenal profil jurusan dan kiprah para alumninya. Generasi muda Teknik Fisika ITS sepatutnya dapat mengambil pelajaran dari perjalanan TF ITS ini, khususnya kiprah dan perjalanan hidup para seniornya. Harapannya adalah generasi muda ini menjadi penerus untuk kemajuan bangsa dan dapat mengharumkan nama TF ITS. Selamat membaca! Wassalamu’alaikum wr. wb. Surabaya, 11 Oktober 2015 Totok Soehartanto Ketua Jurusan 2011-2015


Assalamu’alaikum wr. wb., Screen Shot 2016-05-03 at 8.23.29 AMAlhamdulilah, dengan waktu yang cukup singkat kami berhasil memobilisasi para alumni Teknik Fisika ITS untuk berpartisipasi dalam peringatan 50 tahun pendidikan Teknik Fisika di ITS. Sebuah buku berjudul “Perjalanan 50 tahun Pendidikan Teknik Fisika di ITS” mengetengahkan kiprah profesional alumni Teknik Fisika ITS ini. 50 tahun adalah usia yang cukup matang bagi sebuah institusi, juga satu usia yang cukup matang untuk menguji apakah lembaga tersebut memberikan kontribusi yang positif bagi  negara dan bangsa. Dalam pada itu, alumni Teknik Fisika ITS yang berjumlah telah berjumlah ribuan orang, telah berkontribusi dan memberi warna dalam berbagai bidang di lingkungan mereka berada. Kami berharap buku ini dapat bermanfaat dan memacu semangat generasi muda Teknik Fisika ITS untuk terus belajar dan mengamalkan ilmunya bagi kemandirian dan kemajuan bangsa. Kami turut bersyukur dan berbahagia telah menjadi bagian dari proses pendidikan ini dan menjadi anggota keluarga besar Teknik Fisika ITS. Selamat belajar dan berkarya, Always give the best! Wassalamu’alaikum wr. wb., Jakarta, 11 Oktober 2015 Judi Achmadi


Puji dan syukur, kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas selesainya penyusunan buku perjalanan 50 tahun pendidikan Teknik Fisika di ITS. Dalam waktu yang tidak terlalu lama kurang lebih sebulan, kami telah berupaya menghimpun sejumlah data, dokumen dan melakukan serangkaian wawancara untuk dapat menampilkan gambaran Teknik Fisika ITS yang telah memasuki usai emasnya. Usia emas suatu organisasi adalah saat tepat untuk melakukan potret diri dan proyeksi menyongsong tantangan-tantangan di masa mendatang.

Pada buku ini kami menyajikan bagaimana profil Jurusan Teknik Fisika ITS, dan bagaimana kiprah alumninya. Kami menghaturkan terima kasih kepada banyak pihak terutama kepada para narasumber antara lain: Bapak Mahmud Zaki, Bapak Soewarso, selaku pendiri dan perintis pendidikan Teknik Fisika di ITS, kemudian Bapak Heru Setijono, Bapak Agung Budiono dosen senior yang telah memasuki masa purna tugas. Kami juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para alumni yang telah menyumbangkan tulisannya sehingga buku ini memiliki isi yang menarik tentang bagaimana dunia profesi para alumni Teknik Fisika. Akhirnya, kami juga menyampaikan terima kasih kepada Jurusan Teknik Fisika FTI ITS dan Ikatan Alumni Teknik Fisika ITS atas dukungan penyelesaian buku ini.

Kami menyadari buku ini masih jauh dari sempurna sebagai buku sejarah Teknik Fisika ITS maupun sebagai kazanah kajian suatu institusi pengembang keilmuan “Teknik Fisika”.  Adapun saran dan perbaikan akan senantiasa kami harapkan.

Surabaya, 10 Oktober 2015

Tim penyusun Ketua: Agus Muhamad Hatta (F32)

Anggota: Sekartedjo (F4), Apriani Kusumawardhani (F7), Intan Dwi Kurniawati (F49), Anna Milatul Ummah (F49), Tiara Hanindita (F49), Qurotul Uyuniyah (F49), Luthviyah Choirotul Muhimmah (F49), Petrus Prasetyo Utomo (F49)

Kegiatan Terdekat

 

ALAMAT

Gedung E
Jurusan Teknik Fisika
Fakultas Teknologi Industri (FTI)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Surabaya 60111
Jawa Timur
Indonesia