LABORATORIUM REKAYASA FOTONIKA
 /  LABORATORIUM REKAYASA FOTONIKA

Kepala Laboratorium : Dr. Ir. Sekartedjo, Msc

Studi tentang hakekat fungsi dan peranan optika/optoelektronika/fotonika dalam perkembangan ilmu dan teknologi merupakan kegiatan pokok dalam bidang minat ini. Studi tentang cahaya sudah dimulai sejak kurun waktu yang lama dan sampai saat ini telah banyak misteri hakekat yang terungkap sehingga banyak diterapkan dalam berbagai bidang teknologi, misalnya sistem komunikasi dengan media serat optik, yang memberikan karakteristik loss dan kapasitas transmisi yang jauh lebih baik dibanding dengan menggunakan kabel biasa. Perkembangan yang pesat dalam bidang instrumentasi, sistem transmisi informasi, kedokteran, industri dan sebagainya, yang memperlihatkan peranan rekayasa optika yang makin menonjol memerlukan lebih banyak perhatian. Perkembangan tersebut tentunya tidak lepas dari penemuan laser pada dekade 60-an yang merupakan awal revolusi dalam dunia optika. Pengembangan teknologi laser baik pada aspek rancang bangun, karakteristik dan penerapannya juga merupakan bagian kegiatan dalam bidang minat optika dan laser. Bidang minat ini mempunyai 2 student chapter organisasi fotonika internasional OSA dan SPIE. Dengan demikian, sarana untuk mengembangkan bidang minat ini disediakan Laboratorium Rekayasa Fotonika.
Kerjasama dan Pengabdian pada Masyarakat:
  • Hibah dan Sistem Transmisi Serat Optik skala Laboratorium oleh PT. TELKOM untuk pengembangan Laboratorium Rekayasa Fotonika.
  • Projek pengujian pencahayaan stadion sepak bola di Blitar oleh Pemerintah Kab. Blitar.
  • Projek pengujian pencahayaan lampu penerangan jalan tol oleh Jasa Marga Jawa Timur.
Penelitian Laboratorium:
  1. A Load Sensor Based on Siglemode – Multimode – Singlemode (SMS) Fiber Structure for Weigh-In-Motion System, Penelitian MP3EI tahun 2013.
  2. Perancangan Sensor Specific Gravity dari Crude Oil berbasis Serat Optik Plastik, Penelitian Kerjasama dengan AKA Migas – Cepu tahun 2013.
  3. Rancang Bangun Smart Hybrid Lighting System dengan memaksimalkan Ketersediaan Sumber Energi Matahari, Penelitian Laboratorium tahun 2012.
  4. Rancang Bangun Sistem Deteksi dan Rejeksi Cacat pada Benda 3D Menggunakan Sensor Kamera CCTV, Penelitian Laboratorium tahun 2012.
  5. Pengembangan dan Penerapan Sensor pH yang Murah dan Handal dengan Teknik Sol Gel Immobilization pada Serat Optik untuk Pengukuran Secara Real Time, Penelitian Hibah Bersaing tahun 2012.
  6. Singlemode – Multimode – Singlemode Fiber Structure Sensor for Temperature Measurement, Penelitian Internasional ITSF (Indonesian Toray Science Foundation) tahun 2011.

Kegiatan Terdekat

ALAMAT

Gedung E
Jurusan Teknik Fisika
Fakultas Teknologi Industri (FTI)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Surabaya 60111
Jawa Timur
Indonesia