Bapak Ucuk Darusalam
 /  50 Tahun JTF / Bapak Ucuk Darusalam

Bapak Ucuk Darusalam

50 Tahun JTF

Screen Shot 2016-05-04 at 9.40.36 AM

Pada 1997 saya menatap langit ketika akan memilih jurusan, tiba-tiba seperti ada yang menggerakkan perhatian mata dan hati saya, di formulir UMPTN ada jurusan yang sepertinya asing bagi kami, Teknik Fisika. Dengan mengucap basmalah, saya tekadkan kala itu untuk memilih jurusan tersebut. Situasi perkuliahan saat itu sangat mendukung para mahasiswa untuk termotivasi lebih jauh mendalami bidang-bidang ilmu di Teknik Fisika. Para dosen sangat rajin dan disiplin. ITS saat itu menciptakan real academic of atmosphere yang berkelas sebagai perguruan tinggi berkelas dunia.

Sangat terkesan dengan semua bidang ilmu yang dipelajari, terutama ilmu Fotonika. Tugas-tugas sangat membutuhkan konsentrasi tinggi. Praktikum membutuhkan pengorbanan waktu dan kerjasama tim. Tugas akhir yang penuh dengan diskusi ilmiah. Pembimbing wali akademik dan tugas akhir yang luar biasa mengarahkan mahasiswa.

Saya mengawali karir dengan belajar meneliti setelah lulus 2002. Dalam kurun waktu 2002-2006 mendalami bidang ilmu fotonika secara mandiri di Laboratorium Fotonika. Bersamaan kuliah S2 Opto-EAL di UI, saya mengajar sebagai dosen honorer di Universitas Nasional. Pada 2008, saya lulus S2 UI dan menjadi dosen tetap di Universitas Nasional. Pada 2009 dipercaya sebagai Ketua Program Studi Teknik Fisika, Universitas Nasional. Pada, 2010-2015 menempuh program S3 di Opto-EAL UI. Pada 20014-2015, saya ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Dekan (Dekan PJs). Pada 2015  hingga sekarang menjadi Dekan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional.

Beberapa hal yang sedang saya kelola di UNAS ini adalah: (i) melakukan penataan kurikulum Program Studi Teknik Fisika UNAS, (ii) melakukan pengembangan kapasitas Program Studi TF UNAS dengan menggerakkan Penelitian Unggulan, (iii) menerapkan tata kelola Perguruan Tinggi yang berstandar Nasional di Universitas Nasional, (iv) melakukan penataan pola kegiatan dan pembinaan  mahasiswa di Universitas Nasional yang mengarah pada penguatan profesi berbasis bidang keilmuan, (v) mengembangkan kurikulum bidang ilmu komputer untuk program studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika, (vi) melakukan pengembangan Sumber Daya Pendidikan yang kompeten dan berkualifikasi S3, (vii) melakukan penataan peraturan akademik yang berorientasi pada penciptaan kultur akademik institusi menuju world class university, (viii) meningkatkan pencapaian proses akademik yang mengarah pada luaran karakter dan integritas, (ix) mengembangkan kapasitas institusi sebagi pusat unggulan bidang ilmu TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)

Saya menyarankan agar para mahasiswa mengikuti kegiatan kemahasiswaan di Fakultas, Himpunan, Institusi. Diskusi moral, bangsa, dan dunia sangat penting dilakukan ketika mahasiswa. Saya mengucapkan selamat memperingati 50 tahun Teknik Fisika ITS. Jurusn ini sangat perlu untuk terus mencetak anak-anak bangsa sebagai patriot ibu pertiwi di bidang engineering, akademik, dan profesional. Teknik Fisika ITS telah berkembang dengan baik dan bisa menjadi salah satu pusat keunggulan engineering dalam roadmap pengembangan teknologi untuk kepentingan nasional.

ALAMAT

Gedung E
Jurusan Teknik Fisika
Fakultas Teknologi Industri (FTI)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Surabaya 60111
Jawa Timur
Indonesia