Bapak M Akbarul Syah Alam
 /  50 Tahun JTF / Bapak M Akbarul Syah Alam

Bapak M Akbarul Syah Alam

Screen Shot 2016-05-04 at 9.18.32 AMSaat awal saya mempunyai 2 pilihan jurusan saat mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN), yaitu: Teknik Fisika ITB dan Teknik Fisika ITS, hehe.. ke-2 nya adalah Teknik Fisika, mengenai Teknik Fisika, sebelumnya saya telah mendapatkan informasi dari beberapa kolega tentang Teknik Fisika, apa itu Teknik Fisika, seperti apa prospek karir lulusan nya serta apa yang di pelajari saat kuliah, yang saya tahu saat itu Teknik Fisika mempelajari banyak hal tentang rekayasa dan implementasi ilmu Fisika termasuk rancang bangun pengendalian Pabrik dan lulusan Teknik Fisika mempunyai karir yang cukup menjanjikan. Dengan mengucapkan Bismillah saya yakin pilihan saya tepat, saya pilih Teknik Fisika di lembar kertas UMPTN.

Generasi Tahun 2000 dikatakan sebagai generasi Milenium, Wahh keren.. situasi perkuliahan tahun 2001 di banding saat ini tentu sudah jauh berbeda, namun saat itu saya merasa situasi perkuliahan cukup kondusif baik situasi langsung perkuliahan seperti: jumlah Dosen yang cukup, namun hanya 3 Dosen yang telah bergelar Doktoral, Ruang kuliah yang cukup baik, Alhamdulillah saat itu sudah dimulai penggunaan AC sebagai penyejuk ruangan, masih menggunakan OHP (proyektor sorot) saat akan melakukan presentasi, masih menggunakan personal Computer dengan CPU besar serta Floppy Disket 1.44 Mb dan pertama kali nya keluar Flash Disk kapasitas 32 Mb, Ruang dan peralatan praktikum yang masih terbatas. Situasi pendukung secara tidak langsung seperti harga makanan di area keputih dan Gebang yang sangat terjangkau- sego sewu, dan tentunya Kantin Favorit Pak Jali masih sangat sederhana dibawah tangga depan Lab Akustik.

Pengkaderan Mahasiswa Baru tentunya menjadi salah satu kegiatan yang paling berkesan di lingkungan TF ITS, selain itu beberapa kegiatan saat menjadi pengurus dan asisten di  Laboratorium Rekayasa Instrumentasi dan Laboratorium Rekayasa Energi menjadi pengalaman yang berkesan, saat itu kita melakukan beberapa kegiatan yang cukup besar dengan mengundang beberapa kalangan Industri dan kegiatan tersebut sukses.

Awal Karir saya adalah menjadi Instrument (System) Engineer di PT. Klaras Pusaka Instrumindo, perusahaan Kontraktor milik salah satu Alumni Teknik Fisika, yaitu Pak Bambang Sugiharta. Sebelum Wisuda (setelah Sidang Tugas Akhir) saya di suruh Pak Totok Ruki Biyanto (Dosen TF-ITS) untuk bertemu dengan Pak Bambang Sugiharta, info nya ada kebutuhan Instrument Zengineer segera, setelah saya bertemu dan interview, besok nya saya langsung bekerja sebagai Instrument (System) Engineer, waktu itu mengerjakan PLC control panel untuk FUEL GAS BOOSTER COMPRESSOR project di Pabrik Petrochemical (TPPI) – Tuban. Alhamdulillah berbekal ilmu saat aktif sebagai Asisten Lab. Instrumentasi membantu saya untuk mengerjakan pekerjaan saat itu.

Beberapa pengalaman penting dalam karir saya adalah saat mengawali menjadi Instrument engineer, kemudian melaksanakan project Platform Off-shore sebagai Project Engineer, memilih untuk menjadi profesional Instrument engineer atau mengambil peran menjadi Management, saat itu merupakan keputusan yang cukup berat karena di satu sisi tetap ingin menjadi Instrument Engineer namun di satu sisi ingin mencoba tantangan baru menjadi peran management. Akhir nya saya putuskan untuk mengambil peran management dengan berbagai pertimbangan. Resume karir saya mulai dari Instrument engineer sampai menjadi fungsi Management, yaitu:

1. Instrument (System) Engineer PT. Klaras Pusaka Instrumindo

2. Project Engineer PT. Klaras Pusaka Instrumindo

3. Project Manager PT. Klaras Pusaka Instrumindo

4. Head Of Department (HOD) Instrument PT. Klaras Pusaka Instrumindo

5. Engineering Coordinator PT. Elnusa Tbk

6. Project Engineer PT. Elnusa Tbk

7. Deputy Project Manager PT. Elnusa Tbk

8. Project Leader PT. Elnusa Tbk

9. Operation Manager PT. Elnusa Trans Samudera

10. Direktur Operasi PT. Elnusa Fabrikasi Konstruksi

Tantangan Profesi yang saya geluti saat ini terhadap pembangunan Insdustri, di mana Elnusa yang merupakan perusahaan jasa Energi Nasional harus memberikan kontribusi terhadap perkembangan teknologi Energi baik di sektor Hulu ataupun Hilir. Konstribusi nyata harus terus di berikan untuk pengembangan Industri Energi saat ini, perubahan paradigma untuk menjadi Negara Pembuat Peralatan Industri Migas harus di lakukan, jika selama ini Pertamina Group sebagai Induk usaha Elnusa yang menjalankan operasi Energi Nasional Indonesia membeli peralatan di luar Indonesia, saat ini telah di mulai untuk mem produksi beberapa peralatan MIGAS Nasional, seperti Hydraulic Work Over Unit, Slickline Unit, Cementing Pump, Power Pack, Perforating Gun dll. Jika tingkat produksi Lokal sudah meningkat maka akan meningkatkan daya saing Pertamina untuk menjalankan operasi di Industri Energi untuk mendukung pertumbuhan perekonomian yang baik dari sektor Energi bagi Indonesia.

Pengalaman yang bermanfaat adalah saat menjadi Asisten Lab di Laboratorium Rekayasa Instrument dan Laboratorium Rekayasa Energi, ke-2 Laboratorium tersebut memberikan saya kesempatan untuk belajar implementasi langsung ilmu yang berkaitan dengan dunia kerja, melaksanakan beberapa project Dosen yang menjadi kesempatan untuk menerapkan ilmu impelementasi saat belajar di Lab, serta Pengkaderan dan lingkungan kuliah yang menjadikan saya tangguh, pantang menyerah dalam perjalanan karir.

Beberapa saran saya untuk pengembangan pendidikan Tekink Fisika di ITS, yaitu: (i) Memberikan Materi Kuliah Implementasi terkait Dunia Kerja dengan memperbanyak Kuliah Tamu dari Dosen Tamu. (ii) Membuat Training Centre terpadu untuk seluruh kompetensi TF (melengkapi fasilitas). (iii) Memberikan mata kuliah untuk Energi Baru dan Terbarukan yang lebih aplikatif dan memberikan kesempatan penelitian untuk EBTKE kepada Mahasiswa di bimbing oleh Dosen. (iv) Memilah kembali mata kuliah yang di nilai kurang penting. (v) Kompetensi komunikasi dalam Bahasa Inggris untuk Mahasiswa dan Lulusan perlu di kembangkan.

Saya mengucapkan selamat memperingati Tahun Emas TF ITS, Maju Terus Pendidikan Teknik Fisika di Indonesia, Jayalah ITS, Jayalah Indonesia.. Vivat TF ITS…

Leave a comment

ALAMAT

Gedung E
Jurusan Teknik Fisika
Fakultas Teknologi Industri (FTI)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Surabaya 60111
Jawa Timur
Indonesia