Bapak Mahendra Ega Higuitta
 /  50 Tahun JTF / Bapak Mahendra Ega Higuitta

Bapak Mahendra Ega Higuitta

Screen Shot 2016-05-04 at 9.08.05 AMKetertarikan saya pada fisika sejak SMP mendorong saya untuk kemudian pada masa akhir studi di jaman SMA akhirnya menjatuhkan pilihan pada teknik fisika melalui jalur pmdk reguler, pada saat itu saya juga diterima di teknik fisika UGM melalui Ujian Masuk, namun saya lebih memilih di ITS karena dekat dengan Mojokerto sebagai kampung halaman.

Situasi kuliah pada saat tersebut sangat menjunjung tinggi kekeluargaan dan guyub, jauh dari persaingan akademik seperti  yang biasa dialami pada masa SMP dan SMA. Semua pengalaman dari awal (maba) hingga akhir kuliah (tugas akhir), sangat mengesankan.

Saya mengawali karir yang sedang dijalani sekarang semenjak mahasiswa, berawal dari membuat PKM kewirausahaan bersama rekan – rekan (Ruman F43, Fista F43, Khafid F43, Ola F44, dan juga beberapa rekan dari jurusan lain) dan berlanjut pada usaha skala UKM yang dikelola secara lebih profesional, dan masih berlanjut sampai sekarang.

Tantangan profesi saya sebagai pelaku usaha di bidang makanan olahan jamur sekaligus seorang alumni mahasiswa teknik fisika, adalah ketika mendapati ternyata pada industri bisnis hilir (budidaya jamur), para petani kerap mengalami permasalahan teknis yang sebenarnya bisa diberikan solusi dengan sentuhan rekayasa teknologi.

Pengalaman berharga yang menunjang karir saya saat ini adalah pengalaman mengerjakan tugas akhir dan pengalaman mengurus organisasi himpunan dan BEM.  Pengalaman kuliah dan non-kuliah ini sangat bermanfaat dalam mengelola pekerjaan yang sedang saya tekuni.

Saran saya terhadap pengembangan pendidikan Teknik Fisika ini adalah semoga jiwa entrepreneur dapat disisipkan untuk ditanamkan di setiap mata kuliah untuk dapat mengasah kepekaan para calon engineer dalam memaksimalkan peluang yang ada.

Dengan adanya momen 50 tahun Teknik Fisika di ITS semoga rasa kekeluargaan dapat terjalin semakin erat. Vivat TF ! Vivat Solidarity,Together Forever!

Leave a comment

ALAMAT

Gedung E
Jurusan Teknik Fisika
Fakultas Teknologi Industri (FTI)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Surabaya 60111
Jawa Timur
Indonesia