Bapak Ganesha R Darmawan
 /  50 Tahun JTF / Bapak Ganesha R Darmawan

Bapak Ganesha R Darmawan

Screen Shot 2016-05-04 at 8.52.26 AMSaya memulai kuliah dari program Diploma Instumentasi Elektronika di Universitas Indonesia, setelah lulus saya ingin melanjutkan pada bidang yang sama. Saya memilih Teknik Fisika ITS untuk melanjutkan pendidikan saya ke jenjang Strata 1, yang sesuai dengan latar belakang diploma. Perkuliahan Teknik Fisika di ITS membuka pandangan saya tentang hubungan mahasiswa dan dosen  yang sangat terbuka, dan saling mendukung. Situasi perkuliahan memberikan banyak pengaruh dalam hal disiplin waktu dan memprovokasi mahasiswa untuk mengerti, memahami lebih dalam dengan belajar sendiri.

Pengalaman  yang berkesan selama kuliah adalah kuliah mekanika fluida. Kuliah yang sangat sulit untuk dipahami, namun ternyata itu merupakan dasar dari semua bidang teknik. Sangat terkesan dengan cara mengajar Bapak Suwarso yang dengan detil dan sabar saat mengajarkan tentang mekanika fluida.

Saya mengawali karir dengan bekerja di beberapa oil and gas services company, sebelum akhirnya memutuskan untuk mengembangkan profesionalisme dibidang operasi produksi perminyakan dengan bergabung ke National Oil Company Indonesia, Pertamina EP. Pengalaman penting  dan berharga dalam karir saya adalah mencoba selalu profesional dalam setiap tugas, tanggung jawab yang diberikan oleh perusahaan.

Industri oil and gas mengalami percepatan yang signifikan sejak tahun 2009 sampai pertengahan tahun 2014, dimana terjadi penurunan harga minyak dunia. Tantangan terbesar dalam industry ini adalah bagaimana melaksanakan suatu proyek dengan efisien dan tepat waktu, terutama saat harga minyak dunia rendah seperti saat ini.

Pengalaman kuliah memberikan dasar pengetahuan yang kuat untuk dapat beradaptasi pada lingkungan kerja. Pengembangan diri  dalam kegiatan non kuliah juga diperlukan untuk membuka pemikiran mahasiswa dalam bidang usaha agar dapat membuka lapangan pekerjaan, dan membangun jaringan.

Apakah Teknik Fisika ITS dapat menjadi benchmark dalam pengembangan energy alternatif di negeri ini? Bidang peminatan Energi perlu mendapatkan perhatian khusus, ditunjang dengan bekerja sama dengan institusi pemerintahan dan swasta atau asing untuk melakukan proyek-proyek bidang energi. Ini adalah masa depan dari Industri di dunia.

Semoga dengan usia 50 tahun Teknik Fisika ITS dapat menjadi jurusan yang diperhitungkan dikancah industry Indonesia. Diversifikasi profesionalisme lulusan Teknik Fisika ITS di indusri menunjukkan kemampuan dan ketahanan alumni untuk mengembangkan karir diberbagai bidang.

Ganesha R. Darmawan

Teknik Fisika ITS, LJ’98

Sr. Drilling Operation Engineer – PT. Pertamina EP

Leave a comment

ALAMAT

Gedung E
Jurusan Teknik Fisika
Fakultas Teknologi Industri (FTI)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Surabaya 60111
Jawa Timur
Indonesia