Kolom TF Kita – No. 10
 /  TF KITA / Berita / Kolom TF Kita – No. 10

Kolom TF Kita - No. 10

Ayo Kerja, Inovatif dan Kompetitif!

Para pembaca yang budiman,

Kolom TF Kita kembali hadir! Edisi kali bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2016 dengan tema “Ayo Kerja, Inovatif dan Kompetitif!”.

“Kerja, Kerja, Kerja” adalah semboyan pemerintahan Bapak Presiden Joko Widodo. “Kerja”, tidak lagi dalam tataran konseptual dan merupakan perwujudan dari sebuah skenario ataupun rencana yang telah ditetapkan. Seperti kata “petuah”: terlalu banyak rencana tanpa aksi adalah impian belaka, dan suatu aksi tanpa rencana adalah petaka. Dan “kerja” disini adalah kerja dengan rencana yang jelas dan matang.

Suatu perguruan tinggi dapat diukur kinerjanya melalui proses dan luaran yang dihasilkan. “Kerja Inovatif dan Kompetitif” adalah kerja yang berorientasi proses dan hasil sekaligus. ITS dimana Jurusan Teknik Fisika berada di dalamnya mempunyai target menjadi the real research and world class university dimana target ini tidak-lah mudah. Mencapai target ini, perlu upaya dan sumber daya yang tidak biasa. 

Kerja inovatif dan kompetitif di perguruan tinggi berarti dibutuhkan lebih banyak ilmuwan-ilmuwan tekun di laboratorium, mahasiswa yang rajin di kelas, dan pengampu yang dapat menginspirasi dan mencerahkan. Pun demikian, sudah semestinya pemerintah tidak hanya menghimbau dengan slogan rutin belaka. Tanpa slogan ini-pun, sepertinya civitas senantiasa berupaya meningkatkan kualitas tridharma-nya. Pemerintah mestinya menyiapkan lebih dari itu: “paket-paket” kebijakan di perguruan tinggi. Selayaknya semboyan “Jer Basuki Mawa Bea”, kita butuh “Bea” tidak sekedar jargon “ayo kerja, inovatif dan kompetitif”!

Pada edisi ini, terdapat sebuah tulisan yang berjudul: “Pendidikan Indonesia yang Beragam Warna dan Penuh Asa”.

Selamat membaca!

Redaksi TF KITA

Baca dan unduh: No 10 – Kolom JTF

Leave a comment

ALAMAT

Gedung E
Jurusan Teknik Fisika
Fakultas Teknologi Industri (FTI)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Surabaya 60111
Jawa Timur
Indonesia