Seminar Metrologi & Instrumentasi 2013
 /  Seminar Metrologi & Instrumentasi 2013
Seminar Metrologi & Instrumentasi 2013
  • Start08:00 AM - Sep 24 2013
  • End04:00 PM - Sep 24 2013

Seminar Nasional Metrologi dan Instrumentasi (Bertabur Hibah dan Hadiah dari Telkomsel). Instrumentasi dan Metrologi adalah dua disiplin ilmu yang tidak dapat dipisahkan. Perkembangan dan kebutuhan baik di industri, pemerintahan untuk menghadapi AFTA 2015 membutuhkan penanganan dan koordinasi yang berkelanjutan serta komprehensip oleh berbagai pihak. Oleh karena itu Jurusan Teknik Fisika dan D3 Metrologi& Instrumentasi Teknik Fisika FTI-ITS, hari Selasa tanggal 24 September 2013 telah mengadakan acara Seminar Nasional Metrologi dan Instrumentasi 2013.

Sungguh menggembirakan jumlah animo peserta baik sebagai pendengar maupun pemakalah dalam seminar tersebut. Acara dimulai dengan pembukaan oleh Pembantu Dekan 1 FTI-ITS Dr. Soemarno, DEA yang memberikan arahan perlunya sinergi antara pihak-pihak yang berkepentingan untuk ilmu dan bidang Metrologi serta Instrumentasi. Setelah rehat sejenak, selanjutnya 3 pembicara utama melakukan paparan yaitu, Bapak  Ir. Mas’ud Khamid selaku Direktur Sales Telkomsel dengan ulasan dan tantangan bahwa bidang Metrologi dan Instrumentasi kedepannya sangat dibutuhkan oleh dunia telekomunikasi khususnya bagaimana menera (atau kalibrasi) yang terkait dengan jumlah pulsa, serta perkembangan yang sangat maju dan canggih yang akan dilakukan oleh Telkomsel. Pembicara kunci kedua adalah Bapak Drs. Helmy, beliau adalah praktisi dan mantan Kepala Dinas Metrologi di Propinsi Jawa Timur. Dengan sangat teknikal dan gamblang beliau memaparkan kiprah dan kinerja Metrologi Indonesia untuk kemaslahatan transaksi dunia perdagangan baik lokal, regional maupun Internasional. Pemaparan yang terakhir merupakan wakil Jurusan Teknik Fisika FTI-ITS yaitu Prof.Dr. Sekartedjo, MSc. Perkembangan metrologi khususnya Metrologi Optik diulas panjang lebar oleh Guru Besar Pertama di Jurusan Teknik Fisika FTI-ITS bidang Rekayasa Fotonika. Sangat tepat sekali ke 3 pembicara mewakili bidang masing-masing (Pengusaha, Praktisi/ Pemerintah dan Akademisi), sehingga begitu moderator sekaligus Ketua Panitia Seminar Dr. Ali Musyafa’ MSc memberikan kesempatan bertanya, hampir sebagian besar peserta mengacungkan tangan untuk berdiskusi, dan yang paling mengejutkan seusai diskusi dilakukan Bpk. Mas’ud Khamid selaku wakil Telkomsel berkenan memberikan 2 kejutan besar yaitu hibah peralatan (Splicer dan OTDR) serta hadiah Samsung Galaxy Chat langsung kepada penanya yang paling tinggi bobot kualitas peryanyaannya, rupanya tanpa diketahui oleh peserta sebagian panitia menilai pertanyaan yang layak mendapat hadiah tersebut. Diluar acara pihak Telkomsel tidak menghilangkan kesempatan untuk promosi dan secara gratis memberikan kartu Telkomsel ke beberapa pengunjung seminar. (dova).

 


Tags: kegiatan

Related events

Leave a comment

Seminar Nasional Metrologi dan Instrumentasi (Bertabur Hibah dan Hadiah dari Telkomsel). Instrumentasi dan Metrologi adalah dua disiplin ilmu yang tidak dapat dipisahkan. Perkembangan dan kebutuhan baik di industri, pemerintahan untuk menghadapi AFTA 2015 membutuhkan penanganan dan koordinasi yang berkelanjutan serta komprehensip oleh berbagai pihak. Oleh karena itu Jurusan Teknik Fisika dan D3 Metrologi& Instrumentasi Teknik […]

ALAMAT

Gedung E
Jurusan Teknik Fisika
Fakultas Teknologi Industri (FTI)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Surabaya 60111
Jawa Timur
Indonesia