Pelatihan Persiapan Kerja oleh Windarto AS (PT. Pertamina Surabaya)
 /  Pelatihan Persiapan Kerja oleh Windarto AS (PT. Pertamina Surabaya)
Pelatihan Persiapan Kerja oleh Windarto AS (PT. Pertamina Surabaya)
  • Start12:33 AM - Jan 01 1970
  • End12:33 AM - Jan 01 1970
  • Jurusan Teknik Fisika ITS

Tahapan penting setelah lulus adalah menghadapi dunia nyata yaitu dunia kerja. Tidaklah mudah untuk dapat berhasil lolos dalam tahapan test2 yang dilakukan oleh perusahaan yang akan merekrut sebagai karyawan. Oleh karena itu mahasiswa D3 Metrologi dan Instrumentasi menggagas acara yaitu Pelatihan Persiapan Kerja yang diadakan pada hari sabtu yang bertepatan tanggal 20 September 2014 di ruang sidang Jurusan Teknik Fisika FTI-ITS. Pada acara ini pemateri adalah Bapak Windarto A S dari PT Pertamina Surabaya dan peserta adalah lulusan alumni dari D3 Teknik Instrumentasi dan mahasiswa D3 Metrologi & Instrumentasi. Acara berjalan dimulai pada jam 09.00 dengan jumlah peserta sebanyak 18 peserta. Materi pertama adalah materi tentang psikotest, materi ini berisi tentang bagaimana cara menyelesaikan tes psikotest dengan sedikit trik-trik yang diberikan pada saat acara. Yang paling ditekankan adalah “Endurance”.

Materi kedua berisi tentang materi wawancara yang berisi tentang pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan ketika tes wawancara. Dan bagaimana cara atau trik menghadapi tes wawancara. Antusiasme peserta tampak ketika mengetahaui bahwa terdapat beberapa kekurangan yang harus dibenahi untuk dapat lolos sebagai peserta terbaik dalam kompetisi dunia kerja. Menurut Bapak Windarto, sebetulnya acara pelatihan persiapan kerja telah digagas sejak lama setelah beliau melihat kenyataan yg ada di kampus, bahwa masih banyak mahasiswa khususnya instrumen yg sudah lulus memerlukan waktu yg bisa dibilang cukup lama untuk bisa diterima kerja di perusahaan yg branded.  Akhirnya lewat mas tepek dan mas rahmad coba beliau lontarkan ide ini kepada mereka meskipun awalnya ingin ngundang kultam (kuliah tamu,singkatan yg umum dikalangan mhsw ITS) lagi jadi malah nyasar topiknya. Menurut mas Win (sebutan akrab dari dosen2 TF-ITS) perlu diketahui bahwa psikotest dan wawancara adalah merupakan jurus pamungkas sukses kerja, namun hal ini banyak tidak disadari oleh para pencari kerja sehingga mitos yg berkembang bahwa kegagalan pada saat psikotest maupun wawancara adalah suatu keadaan tidak beruntung atau belum rejeki. Sehingga Bpk Windarto merasa perlu untuk mengedukasi para lulusan bahwa banyak persiapan untuk bisa diterima kerja, tidak hanya berpangku tangan nunggu panggilan lamaran. Sejatinya beliau bukanlah ahli psikolog, namun sebagai orang teknik bahwa kalau menjawab soal dengan benar jawabannya dapat point 1 klo salah 0/ nol. Sehingga dalam pelatihan ini lebih banyak pada mengingat kembali operasi pengerjaan dasar yg mungkin sudah banyak lupa. Untuk wawancara beliau mencoba membekali mereka dengan hal2 yg harus diperhatikan, boleh dan tidak boleh pada saat wawancara.Dan kami juga memberikan kesempatan bagi mereka jika pada saatnya nanti mereka melalui test wawncara ini masih ragu, maka mereka bisa kontak dengan kami agar lebih intent.
Sebuah catatan yang dapat dinyatakan sebagai evaluasi adalah keterkejutan beliau saat peserta menyerahkan CV nya.ternyata banyak diantara mereka yg sedikit pengalaman organisasinya.Hal ini sangat disayangkan karena inilah salah satu modal utama mereka diterima kerja, karena dari organisasi inilah mereka banyak mendapat pelajaran, sehingga Solusinya adalah Bekal/Amunisi buat kerja harus ditanamkan sejak mahasiswa duduk disemester awal, 1 atau 2 kalau diberikan di semester 6 kelamaan sudah mau lulus. Oleh karena itu beliau bersedia untuk berbagi hal sama dilain waktu untuk isi materi tentang apa saja yg bisa dilakukan semasa kuliah yg bermanfaat untuk modal cari kerja.Hanya sekali saja untuk bisa menggerakkan mahasiswa dari zona nyaman belajar thok kepada macam kegiatan yg biasa dilakukan semasa kuliah. Luar biasa semangat dan kontribusi beliau untuk jurusan TF-ITS yang kita cintai ini, sehingga Jurusan mengucapkan apresiasi yang tinggi untuk Bapak Windarto walau jadwal pekerjaan beliau sanga padat untuk kesekian kalinya menularkan kiat-kiat keberhasilan menembus tes rekrutmen karyawan. Semoga mendapatkan hasil yang baik, kami tetap menunggu Bapak Windarto dan rekan-rekan alumni yang lain untuk berbagi ilmu dan pengalaman di dunia kerja (RTH).


Leave a comment

Tahapan penting setelah lulus adalah menghadapi dunia nyata yaitu dunia kerja. Tidaklah mudah untuk dapat berhasil lolos dalam tahapan test2 yang dilakukan oleh perusahaan yang akan merekrut sebagai karyawan. Oleh karena itu mahasiswa D3 Metrologi dan Instrumentasi menggagas acara yaitu Pelatihan Persiapan Kerja yang diadakan pada hari sabtu yang bertepatan tanggal 20 September 2014 di […]

ALAMAT

Gedung E
Jurusan Teknik Fisika
Fakultas Teknologi Industri (FTI)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Surabaya 60111
Jawa Timur
Indonesia