Selangkah Lebih Dekat dengan Fringe Processing

Selasa(31/07), Dr. Percival F. Almoro, Professor of National Institude of Physic (NIP), University of the Philippines Diliman, menginjakkan kaki di Departemen Teknik Fisika ITS guna membagikan ilmunya pada Kuliah tamu yang diselenggarakan di Ruang sidang Teknik Fisika ITS. Dr. Almoro memperoleh Ph.D. Fisika di NIP pada tahun 2004, dan menjadi ahli pada bidang Interferometri, Holografi, dan pengujian non destruktif. Beliau hadir dalam rangka OSA Travelling Lecture Program, suatu kegiatan yang disponsori oleh OSA (The Optical Society) untuk membangun relasi dan menyebarkan ilmu optik dan fotonika ke seluruh dunia.

Pada kuliah tamu ini, Dr. Almoro membahas tentang Statistical Fringe Processing yang notabene belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Fringe Processing merupakan ilmu yang beriaktan erat dengan metrologi optik, yaitu upaya untuk melakukan pengukuran berbagai besaran fisis melalui metode yang berkaitan dengan cahaya. “Pokok bahasanya sangat bermanfaat, mengingat bidang ini masih terbilang baru dan belum banyak dimanfaatkan sehingga kedepan bisa dikembangkan pengaplikasianya.” Ucap salah satu peserta kuliah tamu, Nasir.

Peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa ITS baik S1 maupun S2 sangat antusias bertanya saat sesi tanya jawab berlangsung. “Acara yang diadakan oleh Laboratorium Rekayasa Fotonika yang berlangsung selama kurang lebih dua jam ini memang dimaksudkan untuk membekali mahasiswa khususnya mahasiswa TF yang kurang menaruh minat pada bidang rekayasa fotonika agar tertarik pada bidang ini melalui kuliah tamu,” ungkap Selvi selaku panitia penyelenggara. “Harapan kedepanya TF ITS bisa menjalin kerjasama dengan National Institude of Physic(NIP), University of the Philippines Diliman entah switch programm atau lainya.” Tambahnya.

Dr. Almoro saat menyampaikan materi kuliah tamu

Kuliah tamu ini termasuk salah satu rangkaian acara ISPhOA yang akan dilaksanakan pada 1-2 Agustus di Bumi Surabaya City Resort. ISPhOA (International Seminar on Photonics, Optics, and its Applications) 2018 adalah seminar ISPhOA ketiga yang diadakan oleh Departemen Teknik Fisika ITS dan mengundang tokoh tokoh ilmiah yang bereputasi internasional dalam penelitian bidang optik and fotonik, termasuk Dr. Almoro.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *